Peteng lan Pateng

@Archi teko
Hallo apa kabar fenomenia? Ketemu lagi sama tulisan saya yang GJ ini, heheh. Kata pateng dan peteng ini saya dapat dari teman lama saya, dan tiba-tiba saya jadi terinspiri dari dua kata diatas.

Pateng, sekilas kata ini sama dengan kata peteng tinggal mengganti huruf vokalnya saja. Peteng yang saya maksud di sini adalah seseorang yang mempunyai perangai buruk, dan untuk si PATENG ya orang yang memang pateng alias berperilaku baik.

Pateng dan peteng, kata yang saling berbanding terbalik namun saling berhubungan. Sekarang permasalahannya begini, menurut jenengan semua kalau ada orang yang pateng berteman dengan orang yang peteng akan jadi seperti apakah orang tersebut? Menurut penglihatan saya, dari survey orang dikeliling saya, sepertinya 75% dari si pateng akan ikut-ikutan menjadi peteng, dan sisanya yang peteng akan menjadi pateng.

Kalau menurut saya, ini presentase yang mengenaskan teman–teman, untuk itu bagaimana cara membalikkan prosentasi diatas ?. Sepertinya saya punya cara simple (tapi kalau gagal sorry), hanya dengan dua kata yakni “peduli dan teguh”.

Dua kata di atas, harus dikerjakan secara bersamaan lo. Kalau cuma peduli saja lama-kelamaan si pateng akan ikut–ikutan madzhabnya si peteng karena gak ada kata teguh tadi. Buat yang cuma makek kata teguh tanpa peduli yang nggak bakalan ada perubahan sama si peteng.

So… kata teguh dan peduli kudu dijalanin bareng-bareng biar si peteng berubah jadi pateng dan si pateng tetep jadi pateng. Dan biar presentase yang mengerikan tadi jadi presentase yang lebih cantik alias enak disawang. Ada yang tau lagu berikut ? Sepertinya cocok dengan tulisan di atas.

Janganlah berteman dengan orang yang buruk tingkahnya

Nanti kau terjerat oleh tali syetan yang keparat

Namun bila iman kita tak meragukan

Dengan siapa pun boleh kita berteman

Dengan penjahat pun boleh kita berteman

Untuk menginsyafkan dia ke jalan tuhan
Peteng lan Pateng Peteng lan Pateng Reviewed by Feno Blog on Mei 15, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.