Sahabat

sahabat sejati
Sumber: Gulalives.co
Sahabat, kata itu sudah tak lagi asing di telinga kita. Semua orang jelaslah ingin memiliki sahabat yang baik dan bisa memahami dirinya. Seperti yang telah diucapkan oleh Ali bin Abi Tholib:

“Sahabatmu yang sebenarnya ialah orang yang selalu bersamamu (di waktu senang dan susah) dan orang yang sanggup mengorbankan diri demi kebaikanmu. Dan orang yang sanggup memecahkan segala urusannya, untuk menolongmu ketika engkau sedang dilanda bencana”.


Nah, maka dari itu sahabat pun perlu dipilih dan diseleksi. Tidak hanya presiden dan mentri saja yang harus dipilih. Seperti yang telah disabdakan oleh rasulullah SAW:

المرأ على دين خليله، فلينظر أحدكم من يخالل 

Artinya:

Seseorang itu mengikuti/menurut agama (cara hidup) sahabatnya. Oleh karena itu, hendaklah seseorang di antara kamu melihat terlebih dahulu siapakah yang sekiranya pantas/cocok dijadikan sebagai sahabat.

Sedikit kesimpulan dari hadist di atas, bahwasanya kita harus berhati-hati dalam memilih sahabat. Setidaknya ada 5 kriteria sahabat yang baik, yaitu:

1. Orang berakal (Waras)


Bayangkan saja jika kita bersahabat dengan orang yang tidak berakal, entah apa yang akan terjadi. Karena sebenarnya musuh yang berakal itu lebih baik dari pada teman yang bodoh.

Sebagaimana ucapan sayyidina Ali bin Abi Tholib:

“Seseorang itu dianggap sama dengan seseorang ketika sedang berjalan bersama-sama.”

Bisa dibilang, apabila kita berteman dengan orang yang tidak berakal, secara tidak langsung kita akan dianggap sama dengan orang tersebut, apakah kalian mau??

2. Orang yang baik akhlaknya


Orang yang buruk akhlaknya adalah orang yang tidak bisa mengendalikan emosinya dan menahan kemauanya. Kurang lebihnya adalah orang yang egois.

Sifat-sifat seseorang yang layak dipilih untuk dijadikan sahabat antara lain:

· Dapat menjagamu, apabila engkau berkhidmad kepadanya

· Dapat memberbaikimu, apabila engkau berteman dengannya

· Dapat membantu kamu, apabila kamu membutuhkanya

· Selalu membalas kebaikanmu dengan kebaikan

· Selalu menutupi kejelekanmu

· Selalu memberi bantuan kepadamu

· Selalu mengalah apabila memperebutkan sesuatu

Apabila kita dapat menemukan sosok sahabat yang memiliki sifat-sifat seperti yang telah disebutkan, maka kita akan menjadi salah seorang yang sangat beruntung karena telah menemukan sahabat yang baik.

3. Orang yang sholih

Karena bergaul dengan orang yang fasiq, dapat menghilangkan kebencian kita terhadap kemaksiatan, dan akan menjauhkan kita dari Allah SWT.

4. Tidak rakus dengan harta

Renugkanlah terlebih dahulu apabila kalian berteman dengan orang yang cinta terhadap harta, karena pada umumnya manusia itu memiliki sifat iri dan selalu ingin memiliki apa yang dimiliki oleh orang lain orang lain.

5. Orang yang jujur

Bayangkan jika kita berteman dengan orang yang pendusta, mungkin saja setiap hari kita akan dibohongi olehnya.

Mungkin itulah 5 kriteria sahabat yang baik . Jelaslah sulit mencari sahabat yang memenuhi kriteria di atas. Maka dari itu ada dua pilihan lagi yang bisa kita lakukan:.

1. Uzlah atau menyendiri. Karena dengan 'uzlah kita akan selamat dari perkara dunia.

2. Bergaul menurut kondisi orang yang bersangkutan.

Mungkin itu sedikit pengetahuan buat kita, agar kita dapat lebih selektif dalam memilih sahabat. Karena sahabat merupakan salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi hidup kita. Jadi, pintar-pintarlah kalian dalam mencari sahabat. Jangan hanya karena ia selalu baik pada kita, kemudian kita menganggapnya sebagai sahabat.(/Purnama)
Sahabat Sahabat Reviewed by Feno Blog on Mei 27, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.